Wednesday, August 1, 2012

LinuxMint dan Ubuntu Tidak Mau Booting?

Hanya disuguhi layar hitam saat booting, rasanya ada yang ga beres kan. Biasanya ada kerusakan saat kita mengutak-atik Linux. Kasus yang sering terjadi, ada masalah saat memuat direktori root </>. Entah pembaca disknya yang rusak atau ada paket yang rusak saya kurang tahu. hehehe


Ini solusinya. Saat kita pertama booting dan disuguhi layar hitam yang terlalu lama, restart PC anda. Biasanya 3x cukup. Jika ini berhasil maka masalahnya terletak pada Hardware dan pembaca disknya. Mungkin ada source yang tidak dibaca.

Jika tidak berhasil, restart PC anda kemudia saat muncul tampilan GRUB pilih yang nomer dua (recovery mode). PC anda akan di cek ulang dan dicari di mana yang rusak. Setelah itu anda akan disuguhi tampilan menu booting lewat kernel. Bisa anda coba pilih yang "booting normally".

Jika tidak berhasil juga, silahkan pada saat cara kedua mencapai command terakhir, akan disuguhi menu untuk fix PC anda. Pencet tombol "F" pada keyboard. Akan muncul tulsan aneh lagi, tapi itu ga begitu penting. Setelah selesai akan booting normal seperti biasa.
Categories: , ,

6 comments:

  1. gan, kalo pilih recovery mode tapi tetep restart dan kembali ke tampilan pilihan grub (tampilan pertama), itu gimana cara mngatasinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada paragraf yang terakhir kan dah dijelasin toh. saat di recovery ternyata masih tidak jalan, silahkan ulangi recovery. pada saat recovery mencapai baris terakhir akan ada pertanyaan, silahkan pencet tombol F pada keyboard.

      kalo emang udah ga bisa, jalan terakhir y buat bootable flashdisk. file yang penting di pindah kemudian install ulang.

      Delete
  2. gan ane pake hp pavilion g4 1311au, booting dari usb bisa dengan windows 8 tetapi pake ubuntu sama linux mint bisa booting tetapi setelah itu langsung hang padahal cuma live cd

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kala, kalo boot lewat usb 3.0 bisa terjadi hang tersebut. kan si Lepi kadang kala ga detect sepenuhnya ama usb 3.0

      Delete
  3. Gan ane mo tanya..Linux mint di kantor, kasusnya kyk diatas...trus pkek cara ke-2 msh belm bisa...Ane cba recovery menggunakan bootable disk dr ylmf..tpi hrusnya drive di linuxmint bisa terbaca, lah ini kok gk bsa. Kira2 solusinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum tau gan cara lainnya. biasanya 2 cara di atas berhasil. kalau agan bisa konek in pake terminal waktu recovery malah lebih bagus, tinggal apt-get -f.
      Kalau itu masih ga mmpan, solusi selanjutnya, back up data trus install ulang :D
      Saran aja kang, tiap habis install program dkk, simpan ppa nya di gedit. trus back up apt-nyapake aptoncd.

      Delete

Teman-teman Followers