Friday, January 30, 2015

Review Singkat Calligra Office Words

Kali ini Aku akan membahas tentang Calligra Office Words secara singkat sebagai perkenalan terhadap aplikasi ini. Dulu aplikasi ini dikenal sebagai KWrite bagian dari KOffice besutan KDE dan sekarang berubah nama menjadi Calligra Suite. Tapi tetap saja upstream developernya tetap KDE dan menggunakan library QT. Calligra Words bisa membuka file dari microsoft(*doc dan *docx) dan open document(*odf) tetapi sekarang hanya bisa menyimpan dalam format open document.

Bagian atas terdapat 6 menu yaitu File, Edit, View, Styles, Settings, dan Help. Semua menu tersebut tidak ada yang berhubungan dengan pengitan kata secara langsung. DI bawah menu terdapat Quick Button New, Open, dan Save. Kemungkinan tiga tombol itu ditampilkan karena tingkat penggunaan ketiga tombol terbut sangat tinggi.

Calligra Office Words

Perbedaan mendasar antara aplikasi Office lain dengan Calligra adalah panel pada bagian kanan. Terlihat bagus dipandang dan sangat khas.

  • Text editing, berhubungan langsung dengan pengeditan text. Dari pemilihan font, bold, italic, underline, align, list, indent sampai tabel. yang menarik adalah fungsi-fungsinya sudah dikelompokkan dengan rapi, sehingga mudah untuk menemukan fungsi yang dicari.
  • References, berhubungan dengan referensi dan index. Dari daftar isi, footnote, endnote, Bibliografi sampai Bookmarks ada dibagian ini. Fungsi ini memudahkan Pembaca dalam menemukan artikel yang diingan.
  • Page Layout, berhubungan dengan pengaturan halaman. Dari page layout (margin, paper size dll.) sampai header dan footer ada dibagian ini.
  • Review, berhubungan dengan pembenaran saat penulisan dan penambahan info penting pada dokumen. Bagian ini mengatur auto spell check dan comment.
  • Shape handling, pengaturan pada shape (circle, oval, line dll.). Dari Arrange shape, Geometry, Line, Fill sampai Blur ada di bagian ini.
  • Connect shapes, garis penghubung antar shape. Mulai dari tipe sambungan, tipe garis (full atau putus-putus), titik sambungan sampai aligment.
  • Create Path, berfungsi untuk membuat hand drawing sederhana.

Ada panel tambahan untuk memasukkan shape dan gambar. Panel tersebut berada tepat di atas bagian Text Editing.

Dari penjelasan di atas, kesimpulan yang ku dapat adalah word processor yang sederhana tetapi powerfull. Tidak over dengan banyak fungsi yang bagi orang awam aneh dan tentu tidak diketahui fungsinya oleh orang awam.
Categories: ,

1 comment:

  1. Saya pribadi belum menggunakan. Namun saya senang sekali ada yang menulis Words di Indonesia.

    ReplyDelete

Teman-teman Followers