Thursday, January 29, 2015

Aplikasi Calligra Office

Pada penggunaan desktop sehari-hari bagi seorang pekerja kantoran maupun bos-nya tidak bisa terhindar dari penggunaan aplikasi Office. Dari penulisan laporan, membuat daftar barang sampai yang lebih advance seperti penulis buku. Inilah mengapa aplikasi office yang cocok sangatlah membantu dalam produktivitas seseorang.

Baiklah sekarang aku akan menulis pengenalan singkat tentang Calligra Office. Applikasi office besutan KDE. tentu saja menggunakan QT sebagai basis tampilannya. Sederhana dengan fungsi yang dimaksimalkan.

Untuk tampilan, Calligra memakai sesuatu yang disebut ribbon di microsoft office. Hanya saja tempatnya di pinggir kanan. Pengguna awam akan kesulitan mencari tool yang akan dipakai tetapi akan mempercepat pekerjaan pengguna yang telah mengenalnya. Tentu saja pilihan di menunya banyak menampilkan icon, jadi user bisa cepat memahami perintahnya.

Untuk sekarang Calligra hanya bisa menyimpan dalam bentuk format open document. untuk menyimpan dalam format yang lain, developer masih mengerjakannya. Tetapi tentu saja Calligra bisa membuka file format dari microsoft office.


preview calligra office stage.

Cantik kan tampilannya. Aku pake Calligra di-mix dengan DE Xfce. GTK x QT, it's posible. jangan kawathir, asal librari QT terinstall, Calligra juga bisa jalan di Gnome, Unity, CInnamon atau Xfce seperti saya. Jika install-nya pake Package manager, akan lebih mudah lagi. Karena Package manager akan langsung mencari depedency yang diperlukan.
Categories: ,

1 comment:

  1. Terlalu sedikit orang menulis mengenai Calligra di Indonesia. Sampai saya lupa, artikel ini termasuk yang pertama atau yang kedua. Anyway, terima kasih buat artikel ini. Terus menulis, Kang Wahyu.

    ReplyDelete

Teman-teman Followers