Friday, January 16, 2015

Desktop Environment Apa yang Cocok Untuk Anda?

Desktop Environment (disingkat DE) pada OS linux sangatlah beragam. Di sini aku akan mencoba sedikit memberi informasi singkat tentang macam-macam DE tersebut dengan fitur-fitur unggulannya.

Cinnamon, DE yang lagi populer bersama OSnya Linux Mint. Hanya memiliki satu panel default. Untuk Menu, tampilannya mirip KDE atau windows 7. Walaupun masih baru, Cinnamon sudah didukung dengan tema yang beragam. Applet untuk tambahan di panel juga sudah beragam. Kemudian Cinnamon juga mendukung extension seperti dock, alt+tab-nya windows7, dll. Dari semua itu menurut saya pribadi, Cinnamon cocok untuk pengguna pemula yang baru saja migrasi dari windows 7. 

KDE. K Desktop Environment, DE yang sudah cukup tua. Memiliki tampilan yang sangat mirip dengan windows 7. Saya pribadi sering menyebutkan glass effect karena tampilannya menyerupai kaca. Untuk masalah tema, KDE memiliki koleksi tema yang sangat banyak. Aplikasi dari KDE yang di integrasikan ke DE-nya juga banyak seperti K-mail, Kopete dan lain-lain. Tampilan menu yang dimiliki KDE beragam, dari yang bentuknya mirip windows7, yang full screen seperti win8 juga ada. Hebatnya, panelnya bisa dibuat menyerupai windows7 yang hanya menampilkan icon plus preview-nya. Sangat cocok untuk imigran dari windows apa saja.

GNOME, DE yang sudah cukup tua menemani OS unix-like. Sekarang lebih dikenal dengan nama GNOME 3, karena tampilan GNOME 3 dan GNOME sebelumnya sangatlah berbeda. Jika pengguna sudah terbiasa menggunakan aplikasi dari windows8, GNOME 3 adalah pilihan yang tepat karena memiliki interface yang mirip dengan windows8. Kurang disarankan untuk pemula karena tidak ada tombol maximize dan minimize pada window secara default. Untuk meminimize window harus menggunakan tombol super+h (tombol super pada PC windows biasanya bergambar logo windows). Tetapi untuk fiturnya, GNOME menambahkan dukungan penuh terhadap internet seperti integrasi akun online.

Xfce, DE yang cukup ringan. Cocok untuk PC yang sudah tua. Xfce termasuk DE terbaik dalam hal utilitas dan costumisasi manual. Sperti dalam membuat Panel baru, user bisa membuat panel yang full lenght dari ujung kiri sampai ujung kanan atau yang hanya memiliki panjang 40cm saja. Panel juga bisa dipindah-pindah. Tampilannya modern yang tidak meninggalkan ke-classic-annya.

0 comments:

Post a Comment

Teman-teman Followers