Saturday, December 7, 2013

Sulitnya cari Modem yang Suport Linux

Gara-gara Kernel Linux kalah start sama Windows dan OS lainnya, sampai sekarang device dan asesoris buat Linux masih sangat sulit ditemui.

Ane dah dua hari nyari modem buat linuxMint ubuntu 12.04 based, modem yang support belum ketemu-ketemu di toko. terpaksa kalo pengen make APT dan browsing harus ke kampus nyolong WiFi hahahaha :D.

Sampai sekarang, untuk debian dan turunannya (saya pake Mint 13 LTS) modem di pasaran Indonesia masih jarang ada yang support. Kata temen saya dan Mbah Google, Huawei E173 itu ampuh buat Linux. Tetapi sampe sekarang berbagai bundle dari E173 masih aja belum bisa full support di linuxMint ane. Padahal udah ada instalan buat debian based, tapi anehnya udah user Root masih aja acces denied hahahaha :D.

Kalo jamannya Oneiric Oncelot ke bawah, modem tu gampang banget. Banyak banget modem  yang support, bahkan Full support. smartfreen aja dukung buat ubuntu oneiric. Mana pangalionnya?

Akhir kata, Kalau modemnya mahal ampe 1jt mungkin udah support "sembarang kalir" alias semua support.

1 comment:

  1. Bismillahirrahmanirrahim. Mengapa akang tidak melihat modemlinux.wordpress.com? Blog itu adalah usaha komunitas untuk masalah persis seperti yang akang alami. Saya pakai Smartfren HUAWEI EC1261-2 lancar tanpa wvdial tanpa setting Terminal di Ubuntu Precise. Modem ini dideteksi secara otomatis oleh KNetworkManager saya. Saya pun bisa konek ke internet pakai aplikasi Mobile Partner (bisa diperoleh di blog tadi) yang diinstal di Ubuntu ini. Saya bahkan bisa cek dan isi pulsa. Saya katakan, modem ini lebih praktis jalan di Ubuntu saya dibanding di Windows ayah saya. Saya harap dengan ini akang berubah pikiran.

    ReplyDelete

Teman-teman Followers