Tuesday, June 5, 2012

LXDE

Nih ane punya desktop lagi, dan yang pasti ga kalah sama desktop yang laen. LXDE namanya, Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. Kami tidak mengintegrasikan setiap komponen LXDE sepenuhnya. Sebaliknya, kami mencoba membuat agar semua komponen bebas, sehingga setiap komponen daapt digunakan secara bebas dengan sedikit ketergantungan. Hal ini membuat porting LXDE ke distribusi Linux dan sistem Unix yang berbeda lebih mudah.

Tampilannya sudah agak mirip Windows menurut saya. Sudah ada ikon sortcutnya. Imut-imut gitu. Sumber daya yang dibutuhkan LXDE juga lebih rendah daripada GNOME. Padahal GNOME itu sudah sangat rendah penggunaan dayanya lho. Wah-wah-wah boleh juga nih. Tapi saya baru ngeliat di Linux saja. entah mendukung BSD dan Solaris atau tidak.

Kelemahan dari LDXE sebenarnya cuma pada tampilannya lho. Tidak adanya ikon disk penyebabnya. Saat kita menancapkan Flashdisk ke USB port, tidak ada ikon Disk yang terpampang. Tetapi desktop ini sudah layak diacungi jempol.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Teman-teman Followers