Friday, May 25, 2012

Apa itu Xfce?

Ane mau posting desktop environment lagi nih. Namanya Xfce. Xfce sudah cross platform lho. udah di BSD, Solaris dan Linux tentunya. Kok cuma di keluarga UNIX like ya. Belum merambah Microsoft dan Macintosh OS X ternyata. Tujuannya Xfce tu cepat, ringan, menarik secara visual dan gampang digunakan.

Versi terbarunya bersifat modular, dapat digunakan lagi (kata wikipedia lho) dan terdiri dari komponen yang dapat dipisah-pisah. Jadi terserah penggunanya. Mau install semua komponennya boleh, install satu-satu boleh juga, tidak nginstall lho boleh. Suka-suka.
Xfce itu dah bagus lho. Tampilannya pun juga dah lumayan sedap dipandang mata. Apalagi mendukung perangkat komputer yang sedrhana lagi. Lumayan buat coba-coba nih.

Sekarang Xfce sumbernya sudah seperti GNOME. GTK + kalo ga salah. Katanya, sepenuhnya dikendalikan oleh mouse. dan konfigurasinya yang asli di sembunyikan. Maklum, kalo pengguna awam yang utek-utek, rusak ntar. Mula-mula Xfce mirip dengan CDE yang komersil. tetapi sering dengan dikeluarkannya versi-versinya yang selalu diperbaharui, mulai banyak perbedaan antara Xfce dengan CDE.

Sejarahnya, Xfce dulu adalah XFCE yang berupa singkatan dari XForm Common Environment. Jadi code source-nya ya berbasis XForm. setelah ditulis ulang 2 kali, namanya berubah menjadi Xfce yang bukan merupakan singkatan apapun. Mungkin karena XForm sudah diganti dengan GTK + kali ya.

Sudah sejak dulu Xfce meminta untuk bergabung dalam proyek RetHat. Tetapi ditolak karena menggunakan source yang tertutup dari XForm (Semangat OpenSource). Akhirnya Fourdan (pengembang Xfce) melihat alternatif berupa GTK +. Source-nya ditulis ulang dalam bentuk GTK + dan yang XForm ditinggalkan.

Seperti halnya GNOME dan KDE, Xfce memiliki beberapa aplikasi yang dikembangkan sendiri dibawah bendera Xfce seperti Orage, Mousepad, Xfmedia dll.

Perkembangannya sampai sekarang, Xfce sudah mencapai versi 4.11 dengan banyak aplikasi bawaan khas Xfce seperti power manager dan xwm. Menu dari Xfce juga sudah menarik, tidak seperti dulu yang cuma berisi list.
Categories:

3 comments:

  1. Bismillahirrahmanirrahim. Seharusnya, kalau ada orang tanya soal XFCE/Xubuntu di forum/grup fesbuk, akang setor URL http://akudesktop.blogspot.com/2012/05/apa-itu-xfce.html kepadanya.

    ReplyDelete
  2. Bismillahirrahmanirrahim. Sebaiknya akang membuang captcha karena itu menghalangi orang yang ingin berkomentar.

    ReplyDelete

Teman-teman Followers