Tuesday, May 29, 2012

Linux Mint, Turunan Ubuntu yang lebih elegan

Sudah pada tau Linux mint ga? Kalau ga tahu brarti ga ngikutin perkembangan dunia per-linux-an nich. Linux mint yang terbaru memakai basis data Ubuntu Oneiric Ocelot (versi 11.10). Jadi bisa di bilang Linux mint sama dengan Ubuntu. Cuma beda 2% isi dan tampilan yang berbeda pula.

Saya memakai judul Linux mint elegan bukan tanpa alasan lho. Tampilan Default mint adalah MGSE alias Mint GNOME shell Extention. Jadi hasil modifikasi dari GNOME shell. Memang sih ga jauh-jauh amat dari GNOME shell.


MGSE masih dalam tahap pengembangan jadi saya sarankan jangan dicoba pada kembarannya. Walaupun sama, tapi modifikasinya sudah menjurus khusus buat Mint. Tetapi kalu user tetap memaksa ada sih caranya. Besok-besok ane posting deh.

Pada saat pertama saya mencoba, ada tombol menu di bawah pojok kiri. Kayak KDE gitu tapi tidak se BLINK-BLING KDE tampilannya. Namanya juga GNOME jadi tampilannya agak kusam dikit lah. Hehe

Tata letak panel dan hiasan desktop MGSE juga udah elegan banget. Seperti GNOME biasa ada panel atas dan juga ada panel bawah. Di panel atas ada gambar seperti gambar tak hingga. Jika di klik akan muncul seperti Dashboard pada Unity dan GNOME shell. Tetapi ada gambarnya untuk tiap katagori. Mungkin ini akan menjadi saingan baru untuk Unity dan GNOME shell. Padahal sama-sama banyak bug hehehe. Memang jika satu saudara harus kompak.

Jika Komputer anda terjadi Kegagalan Muat MGSE, akan otomatis di arahkan ke GNOME classic. Jadi jangan khawatir terserang layar hitam. Oh ya, para reader bisa cari sendiri screenshootnya. Bisa kan....
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Teman-teman Followers