Monday, May 28, 2012

Ubuntu untuk Pemula 2

Saya yakin para pengguna baru alias newbi linux adalah imigran dari Microsoft windows. Jadi belum terbiasa dengan Linux. Pastilah para new user menginstall dual OS atau lebih dengan OS utama adalah Windows. Kita akan kesulitan untuk membaca atau mengedit isi dari ntfs disk kalau dari OS linux. Kan bukan format dari linuxnya.

Seperti cara pertama pada posting sebelumnya, buka dulu terminalnya. Kemudian ketikkan command ini

sudo apt-get install ntfs-config
 
Kemudian tunggu sambil minum tel botol atau ngopi di warungnya mbak sri juga boleh. Setelah selesai silahkan tutup terminalnya dan dicoba. oke...


Setelah itu, karena saya maniak game windows juga seperti GTA dkk. saya jadi cari-cari referensi sama temen-temen dari mbah google. Akhirnya dapat juga. Yang harus kita lakukan hanyalah mnegetikkan pada terminal perintah ini

sudo apt-get install playonlinux
 
Jangan lupa internetnya diconnectkan dulu. Kalau tidak konek ya ga mau download depedency dan configure filenya.

Lha ini yang penting, karena Ubuntu memakai unity, display managernya adalah Compiz Config. Compiz ni bisa memanipulasi desktop anda. Bisa dibuat 3D tampilannya dengan bentuk kubus. Lha caranya sama kayak yang di atas, buka terminal kemudian ketik

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
 
Selamat mencoba my friends... Selamat belajar juga..
Categories:

1 comment:

  1. nice post gan! ane juga kesulitan ngmount partisi windows ane di linux ubuntu awalnya..hahaha tapi akhirnya bisa juga dengan ntfs-3g :D
    udah gitu ane simpen deh di fstab dan lancar :D

    ReplyDelete

Teman-teman Followers