Monday, May 28, 2012

Linux, Operating Sistem yang Stabil, Cepat dan Aman.

Aneh tapi nyata, linux yang merupakan barang gratisan (tapi tidak murahan) mempunyai kemampuan yang luar biasa. Di samping lisensinya yang gratis, bisa di ubah-ubah sekehendak hati penggunanya (itu pun legal menurut hukum), linux pun stabil, cepat dan lebih aman dari gangguan virus.

Pas saya googling nih, kata temen-temen sih gara-gara yang buat virus itu rata-rata orang-orang programer rumahan. Maklum kan server di jaga admin. Jadi karena pengguna linux sedikit (tidak sebanyak windows maksudnya), yang mengincar linux pun sedikit.


Linux pun dirancang aman karena tidak mendukung file executable *.exe. Dan menurut survey saya pas pakai windows, memang sangat banyak virus yang sengaja di tanam dalam program oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab (biar anti virusnya laku kali). Dan lagi virus memiliki database dalam registry. Jadi jika virus ketahuan, si penyakit pun bisa duplikasi lagi. Atau mungkin tidak bisa di hapus alias failed erase. Linux tidak kenal registry mas bro. Kenalnya cuma file configure. Beda kan.

Ada user super di linux. Yang memiliki hak sebagai root (su command). Jadi user biasa tidak bisa menginstall program, harus jadi root dulu. Lha saat jadi root, orang lebih suka pakai database distronya sendiri-sendiri. Jadi sudah teruji. Apalagi dihadapkan depedency yang ribet kalau pertama nyoba. siiiip dah.

Dalam windows terdapat Internet Explorer yang katanya temen-temen jadi sasaran empuk hacker dan virus walau tidak digunakan. Saya juga sudah melihat sendiri kok. Lha saat internetan kalau mau buka konten banyak yang langsung terhubung ke Internet Explorer.

Linux itu fast and stable. Saat ada bug, bisa cepat ketahuan oleh temen-temen sukarelawan. Kan semua pengguna linux sukarelawan developer. Apalagi linux hanya makan sedikit daya komputer. hahai ini yang aku suka.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Teman-teman Followers