Sunday, January 5, 2014

Openbox

Openbox adalah Window Manager (WM) yang dapat berjalan dibawah DE lainnya seperti Gnome dan KDE. Untuk tampilannya sangat minimalis. Cocok untuk yang tidak suka neko-neko. WM ini memiliki keunggulan "ringan". Saya pernah nyoba yang stand alone, ga ada taskbar-nya. Entah itu buq atau malah fiturnya. Jamannya ubuntu 11.10 dulu itu. Yang di bawah Genome dan KDE masih bisa dinikmati oleh mata.

Karena zaman linux bukan lagi zaman server saja, banyak pengaturan sudah di user friendly-kan. Termasuk login untuk memulai sesi baru. Untuk yang basisnya Gnome ada mutter, untuk yang KDE basisnya Kwin. Untuk ubuntu yang memakai unity ada sendiri WM managernya.

Untuk para Kesatria Terminal cara ini lebih sedap di pandang

openbox-session jika ingin membuka sesi Openbox standalone.

openbox-gnome-session jika ingin membuka sesi Openbox yang berjalan pada Gnome.

openbox-kde-session jika ingin membuka sesi Openbox yang berjalan pada KDE.

Pendapat dari teman-teman saya, Openbox terlalu minimalis. Saya juga menyadari itu, apalagi bagi imigran dari windows. Saya yakin pasti bingung dan malas mau belajar. Soalnya dari segi tampilan aja sudah beda dan tidak menarik. Tapi kalau sudah tingkat lanjut yang suka performa, "suka hack-menghack gitu" Openbox lebih handal karena kecepatan dan keringanannya. Up Up

bagi yang ingin baca versi asli (Bahasa inggris) ini link-nya
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Teman-teman Followers