Monday, January 6, 2014

Desktop Environment, Window Manager, X Window System. Makanan apa lagi ini?

Jaman dulu waktu saya buat post tentang tampilan-tampilan di linux, sebagian besar disebut Desktop Environment. Lalu saya baru sadar kalo belum jelasin tentang apa sih desktop environment itu.

Sebelum masuk ke Desktop Environment (DE) hal dasar yang hrus diketahui adalah jembatan yang menghubungkan User dengan Sistem. Untuk Sistem Operasi Unix dan yang mirip Unix (Linux, BSD, Solaris dkk.) ada pijakan atau dasar agar DE dapat berjalan. Namanya X window System yang biasanya disingkat dengan X11. Ya karena cuma dasar sehingga butuh App tambahan.


Setelah ada pijakan dibuatlah jembatan. Jembatan itu disebut Window manager. User interface untuk X Window System. Tanpa ini user akan sangat kesulitan menjalankan sistem. Jadi ingat jamannya waktu install Linux pertama kali ahahaha. 3 jam baru bisa jalan gara-gara salah baris perintah terus. :D

Sebenarnya, hanya dengan Window manager, Sudah cukup untuk menjalankan sistem dengan baik dan mudah. Karena sudah ada User interface yang bisa dinikmati mata. Toolkit nya juga dah lumayan untuk mengngatur tampilan, tetapi agar lebih menarik dan lebih User Friendly di buat DE.DE ini hanya terdiri dari X11, WIndow Manager dan app yang terintegrasi sehingga mampu membuat tampilan menjadi user friendly seperti sekarang.

Tapi jangan salah, sekarangpun Window manager sudah berkembang pesat dengan tampilannya yang terus di-User Friendly-kan :D

Jika bingung dengan penjelasan di atas saya kasih contoh aja :D

Untuk DE ada Gnome, KDE, LXDE, Xfce, Cinnamon dan yang jarang saya temui seperti 5dwm, XPde, EDE dkk.

Untuk Window manager ada Compiz, Kwin, Mutter, Xfwm, Enlightmen, Openbox, Metacity, Blackbox, Icewm, Fluxbox, yang paling tua XWM. yang lainnya masih banyak tenang aja.

sumber
Wikipedia
Window Manager for X

Categories: ,

0 comments:

Post a Comment

Teman-teman Followers